Kamis, 18 Januari 2018

SOAL PILIHAN GANDA DAN JAWABAN TENTANG MATA KULIAH KOMUNIKASI BISNIS

SOAL PILIHAN GANDA DAN JAWABAN TENTANG MATA KULIAH KOMUNIKASI BISNIS

1.      Faktor hambatan yang biasanya terjadi dalam proses komunikasi, dapat dibagi dalam 3 jenis sebagai berikut :
a.       Semua jawaban benar
b.      Hambatan Teknis
c.       Hambatan Sematik
d.      Hambatan Manusiawi
Jawaban : A. Semua jawaban benar
2.      Yang dimaksud dengan komunikasi yang efektif adalah komunikasi....
a.       Yang mampu membawa kita pada tujuan komunikasi
b.      Dua arah
c.       Satu arah
d.      Sebagai transaksi
Jawaban: A. Yang mampu membawa kita pada tujuan komunikasi

3.      Munculnya teknologi informasi dan komunikasi mengubah pula kebutuhan pada tenaga kerja. Salah satu kriteria untuk pekerja yang disebabkan oleh perkembangan teknologi tersebut, adalah…
a.       Informasi dan analisis
b.      Aset intelektual
c.       Pengetahuan tentang lanskap teknologi
d.      Menghilangkan kendala geografis
Jawaban: C. Pengetahuan tentang lanskap teknologi

4.      Komunikasi bisnis adalah...
a.       Suatu pesan atau informasi dapat dikatakan lengkap, bila berisi semua materi yang diperlukan agar penerima pesan dapat memberikan tanggapan yang sesuai dengan harapan pengirim pesan
b.      Penyampaian pesan, hendaknya menerapkan empati dengan mempertimbangkan dan mengutamakan penerima pesan.
c.       Penyampaian pesan hendaknya disampaikan dengan bahasa yang gambalang, pasti dan jelas
d.      Proses pertukaran pesan atau informasi untuk mencapai efektivitas dan efisiensi produk kerja di dalam struktur (jenjang / level) dan sistem organisasi yang kondusif
Jawaban:  D. Proses pertukaran pesan atau informasi untuk mencapai efektivitas dan efisiensi produk kerja di dalam struktur (jenjang / level) dan sistem organisasi yang kondusif.

5.      Usulan penyelenggaraan kegiatan yang merupakan komponen atau bagian dari satu program, disebut proposal….
a.     Kompetitif
b.    Kegiatan
c.     Teknis
d.    Program
Jawaban: B. Kegiatan
6.      Salah satu ciri pesan yang efektif adalah jernih, dengan pengertian...
a.     Cermat menggunakan kata-kata 
b.    Disajikan secara benar dan disajikan dengan bahasan yang sederhana
c.     Ditentukan oleh panjang pesan melainkan oleh pesan yang disampaikan
d.    Pesan yang bisa dipahami oleh mereka yang tidak tamat SMP sekalipun
Jawaban: D. Pesan yang bisa dipahami oleh mereka yang tidak tamat SMP sekalipun.
7.      Yang dimaksud komunikasi antar budaya menurut LA. Samovar dan R.E. Porter, adalah…
a.       Proses komunikasi yang berlangsung di antara orang-orang yang berbeda budayanya
b.      Sebagai komunikasi yang terjadi ketika orang-orang yang terlibat 
dalam komunikasi tersebut melibatkan latar belakang pengalaman budaya yang berbeda yang menunjukkan nilai-nilai yang dianut oleh kelompoknya yang berupa pengalaman, pengetahuan dan nilai-nilai.
c.       Komunikasi yang dilakukan oleh beberapa orang yang berbeda negara
d.      Komunikasi yang dilakukan kelompok dari beberapa daerah
Jawaban: B. Sebagai komunikasi yang terjadi ketika orang-orang yang terlibat 
dalam komunikasi tersebut melibatkan latar belakang pengalaman budaya yang berbeda yang menunjukkan nilai-nilai yang dianut oleh kelompoknya yang berupa pengalaman.
8.      Pengertian komunikator adalah...
a.       Orang/lembaga yang menerima pesan. Biasa disebut juga penerima, destinasi atau khalayak.
b.      Orang/lembaga yang mengirimkan pesan. Biasa disebut juga pengirim atau sumber.
c.       Proses penyampaian pesan (informasi, gagasan, pikiran, pendapat, pengetahuan) dari seseorang/satu lembaga kepada orang/lembaga lain dengan menggunakan atau tanpa media dengan tujuan tertentu.
d.      Salah satu komponen komunikasi yang menunjukkan respons yang diberikan oleh pihak yang terlibat dalam komunikasi
Jawaban: B. Orang/lembaga yang mengirimkan pesan. Biasa disebut juga pengirim atau sumber.


9.      Tujuan komunikasi internal antara manajemen dan pemilik bertujuan … 
a.        Membangkitkan perhatian pemilik                    
b.       Mengurangi kritik dari pemilik 
c.       Mempromosikan investasi jangka panjang              
d.      Benar semua 
Jawaban: D. Benar semua 

10.  Media komunikasi antara manajemen dan pemilik biasanya adalah …
a.       Cetak                        
b.      Audio-visual                      
c.       Lisan                                
d.      Gabungan
Jawaban: D.  Gabungan
11.   Asas komunikasi internal dalam manajemen organisasi/lembaga bisnis adalah … 
a.       Sederhana                
b.      Menarik                          
c.       Membangkitkan minat        
d.      Benar semua
Jawaban: D. Benar Semua
12.   Asas komunikasi dengan karyawan yakni komunikasi dua arah yang arus informasinya bersifat … 
a.       Timbal-balik              
b.      Atas-bawah                      
c.       Bawah-atas                        
d.      Sirkuler 
Jawanban: A. Timbal Balik
13.  Tujuan komunikasi untuk adanya perubahan sikap, pendapat dan perilaku, tanpa paksaan adalah … 
a.       Koersif                      
b.      Persuasif                          
c.       Briefing                               
d.      Konsultatif 
Jawaban: B. Persuasif
14.  Fungsi komunikasi sebagai "kontrol" akan berjalan apabila … 
a.       Informasi jelas      
b.      Adanya saluran            
c.       Memperkaya keterampilan   
d.      Benar semua 
Jawaban: A. Infomasi Jelas
15.  Dalam aktivitas bisnis, komunikasi berperan ibarat … 
a.       Oli                              
b.      Napas                                   
c.       Darah                              
d.      Nadi 
Jawaban: B. Napas


Tidak ada komentar:

Posting Komentar