SOAL PILIHAN GANDA DAN JAWABAN TENTANG MATA KULIAH
KOMUNIKASI BISNIS
1. Faktor
hambatan yang biasanya terjadi dalam proses komunikasi, dapat dibagi dalam 3
jenis sebagai berikut :
a. Semua
jawaban benar
b. Hambatan
Teknis
c. Hambatan
Sematik
d. Hambatan
Manusiawi
Jawaban : A. Semua jawaban benar
2. Yang dimaksud
dengan komunikasi yang efektif adalah komunikasi....
a.
Yang mampu membawa kita pada tujuan komunikasi
b.
Dua arah
c.
Satu arah
d.
Sebagai transaksi
Jawaban: A. Yang mampu membawa kita pada tujuan komunikasi
3. Munculnya
teknologi informasi dan komunikasi mengubah pula kebutuhan pada tenaga kerja.
Salah satu kriteria untuk pekerja yang disebabkan oleh perkembangan teknologi
tersebut, adalah…
a.
Informasi dan analisis
b.
Aset intelektual
c.
Pengetahuan tentang lanskap teknologi
d.
Menghilangkan kendala geografis
Jawaban: C. Pengetahuan
tentang lanskap teknologi
4. Komunikasi
bisnis adalah...
a. Suatu pesan
atau informasi dapat dikatakan lengkap, bila berisi semua materi yang
diperlukan agar penerima pesan dapat memberikan tanggapan yang sesuai dengan
harapan pengirim pesan
b. Penyampaian
pesan, hendaknya menerapkan empati dengan mempertimbangkan dan mengutamakan
penerima pesan.
c. Penyampaian
pesan hendaknya disampaikan dengan bahasa yang gambalang, pasti dan jelas
d. Proses
pertukaran pesan atau informasi untuk mencapai efektivitas dan efisiensi produk
kerja di dalam struktur (jenjang / level) dan sistem organisasi yang kondusif
Jawaban: D. Proses pertukaran pesan atau informasi
untuk mencapai efektivitas dan efisiensi produk kerja di dalam struktur
(jenjang / level) dan sistem organisasi yang kondusif.
5. Usulan penyelenggaraan kegiatan yang merupakan komponen atau bagian dari
satu program, disebut proposal….
a.
Kompetitif
b.
Kegiatan
c.
Teknis
d.
Program
Jawaban: B. Kegiatan
6. Salah satu ciri pesan yang efektif adalah jernih, dengan pengertian...
a.
Cermat menggunakan kata-kata
b.
Disajikan secara benar dan disajikan dengan bahasan
yang sederhana
c.
Ditentukan oleh panjang pesan melainkan oleh pesan
yang disampaikan
d.
Pesan yang bisa dipahami oleh mereka yang tidak tamat
SMP sekalipun
Jawaban: D. Pesan yang bisa
dipahami oleh mereka yang tidak tamat SMP sekalipun.
7. Yang dimaksud
komunikasi antar budaya menurut LA. Samovar dan R.E. Porter, adalah…
a.
Proses komunikasi yang berlangsung di antara orang-orang yang berbeda
budayanya
b.
Sebagai komunikasi yang terjadi ketika orang-orang yang terlibat
dalam komunikasi tersebut melibatkan latar belakang pengalaman budaya yang
berbeda yang menunjukkan nilai-nilai yang dianut oleh kelompoknya yang berupa
pengalaman, pengetahuan dan nilai-nilai.
c.
Komunikasi yang dilakukan oleh beberapa orang yang berbeda negara
d.
Komunikasi yang dilakukan kelompok dari beberapa daerah
Jawaban: B. Sebagai komunikasi yang terjadi ketika orang-orang yang
terlibat
dalam komunikasi tersebut melibatkan latar belakang pengalaman budaya yang
berbeda yang menunjukkan nilai-nilai yang dianut oleh kelompoknya yang berupa
pengalaman.
8. Pengertian
komunikator adalah...
a.
Orang/lembaga yang menerima pesan. Biasa disebut juga penerima, destinasi
atau khalayak.
b.
Orang/lembaga yang mengirimkan pesan. Biasa disebut juga pengirim atau
sumber.
c.
Proses penyampaian pesan (informasi, gagasan, pikiran, pendapat,
pengetahuan) dari seseorang/satu lembaga kepada orang/lembaga lain dengan
menggunakan atau tanpa media dengan tujuan tertentu.
d.
Salah satu komponen komunikasi yang menunjukkan respons yang diberikan oleh
pihak yang terlibat dalam komunikasi
Jawaban: B. Orang/lembaga yang mengirimkan pesan. Biasa disebut juga
pengirim atau sumber.
9. Tujuan
komunikasi internal antara manajemen dan pemilik bertujuan …
a.
Membangkitkan perhatian pemilik
b.
Mengurangi kritik dari pemilik
c.
Mempromosikan investasi jangka panjang
d. Benar semua
Jawaban: D. Benar semua
10. Media komunikasi
antara manajemen dan pemilik biasanya adalah …
a.
Cetak
b.
Audio-visual
c.
Lisan
d.
Gabungan
Jawaban: D. Gabungan
11. Asas komunikasi internal
dalam manajemen organisasi/lembaga bisnis adalah …
a.
Sederhana
b.
Menarik
c.
Membangkitkan minat
d.
Benar semua
Jawaban: D.
Benar Semua
12. Asas komunikasi dengan
karyawan yakni komunikasi dua arah yang arus informasinya bersifat …
a.
Timbal-balik
b.
Atas-bawah
c.
Bawah-atas
d. Sirkuler
Jawanban: A.
Timbal Balik
13. Tujuan komunikasi untuk adanya perubahan sikap, pendapat dan perilaku,
tanpa paksaan adalah …
a.
Koersif
b.
Persuasif
c.
Briefing
d. Konsultatif
Jawaban: B.
Persuasif
14. Fungsi komunikasi sebagai "kontrol" akan berjalan apabila …
a.
Informasi jelas
b.
Adanya saluran
c.
Memperkaya keterampilan
d. Benar semua
Jawaban: A.
Infomasi Jelas
15. Dalam aktivitas bisnis, komunikasi berperan ibarat …
a.
Oli
b.
Napas
c.
Darah
d. Nadi
Jawaban: B.
Napas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar